15/12/18

Cara Mengetik Arab di Microsoft Office Word Windows 7 8 dan 10

Hadirnya add ons Qur'an in Word memberikan kemudahan kita saat mengutip beberapa ayat Al Qur'an dalam ketikan yang kita buat di Microsoft Office Word. Namun demikian, kebutuhan untuk menulis huruf-huruf Arab di luar Al Qur'an, seperti Hadits Nabi, Hadits Qudsi, Fatwa Ulama' maupun Kaidah-kaidah Fiqih, memaksa kita untuk dapat menulis Arab secara manual. Seperti halnya saat membuat tulisan Arab pada posting blogpai.com berikut:
Mengetik huruf Arab di Komputer adalah salah satu kegiatan yang cukup rumit karena perlu ketelitian dan kesabaran yang ekstra. Berbeda saat mengetik kata-kata berbahasa Indonesia atau Inggris, saat mengetik Arabic Font kita perlu mengenali posisi huruf pada keyoard. Fungsi tombol keyboard akan berubah, sebagai contoh; saat menekan tombol A maka bukan huruf Alif yang muncul, melainkan huruf Sin.

cara menulis arab di microsoft word

Langkah pertama yang harus dilakukan agar kita dapat menulis huruf Arab di komputer adalah dengan membuka pengaturan bahasa pada Windows. Caranya cukup mudah, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut!

SETTING FONT ARAB DI WINDOWS 7

Langkah Pertama - Buka Control Panel
Langkah pertama adalah buka Control Panel (Start lalu pilih Control Panel) kemudian setting view menjadi Small Icon dan pilih menu Regional and Language Setting.

Start ==> Control Panel ==> Regional and Language

cara membuat keyboard arab di microsoft word

Setelah Anda klik Regional and Language Setting maka akan muncul jendela baru, silahkan klik tab Keyboard and Languages yang baru terbuka dan klik Change Keyboards.

menambah keyboard arab di microsoft word

Jika sudah Anda klik, akan muncul jendela Text Services and Input Languages, silahkan klik tombol Add.

mengaktifkan keyboard arab di microsoft word

Selanjutnya pilih bahasa Arab, dengan memilih Arabic (Saudi Arabia), dan beri centang Arabic [101] lalu klik OK.

mengaktifkan bahasa arab di microsoft word

Jika sudah, akan muncul dialog, silahkan klik APPLY dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

langkah-langkah mengetik arab di microsoft word

Nah, setelah selesai Anda dapat memulai untuk mengetik huruf Arab di Microsoft Word dengan cara merubah format bahasa penulisan terlebih dahulu. Pilih AR Arabic (Saudi Arabia) pada desktop (menu pojok kanan bawah) dan mulailah mengetik Arab di Ms Word.

cara setting keyboard arab di microsoft word

Sebagai permulaan Anda dapat mengetik menggunakan Font Traditional Arabic dengan ukuran font 16 atau 18. Jika belum hafal posisi huruf pada keyboard, Anda dapat menggunakan bantuan On Screen Keyboard yang dapat dibuka melalui menu:

Start - All Programs - Accessories - Easy of Access - On Screen Keyboard

SETTING FONT ARAB DI WINDOWS 10

Buka Language Setting : pencarian - language setting


Tambahkan Preferred Language (klik Add a language)


Pilih font pengetikan (Pilih Saudi Arabia)


OK, selesai!
Jika menu ubah bahasa belum muncul, silahkan restart PC Anda terlebih dahulu.


Jika teman-teman sudah berhasil menginstal Keyboard Arab di windows, teman-teman bisa mengunduh beberapa font yang bagus untuk menulis Arab di Windows => Font Arab Terbaik

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan keyboard ke posisi semula jika pengetikan sudah selesai atau untuk menuliskan teks Indonesia/ English.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon