Download Mp3 Gending Nganten Adat Jawa

Gending Pahargyan Penganten merupakan gending-gending yang digunakan sebagai musik instrumental saat Upacara Pernikahan adat Jawa berlangsung. Gending Pahargyan atau Mp3 Gending Nganten ini menjadi ciri khas resepsi pernikahan di sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan DIY. Adapun kegunaan dari gending-gending nganten ini adalah untuk mengiringi jalannya upacara pernikahan adat Jawa yang dipimpin oleh seorang ptotokol (Dalang). Dalam pelaksanaan resepsi pernikahan adat Jawa, Dalang Nganten membawakan acara dengan bahasa jawa halus (Lihat teks MC Basa Jawa) dimana sang Dalang bekerja sama dengan Juru Rias Nganten. 

gending manten adat jawa
Pada kesempatan yang baik ini kami bagikan Mp3 Gending Manten yang biasanya digunakan saat upacara pernikahan adat Jawa. Kami persembahkan bagi Anda yang ingin mempelajari kebudayaan Jawa atau sekedar ingin mengoleksi gending-gending manten. Sebagai wujud Nguri-uri Kabudayan Jawi, Mp3 Gending Pahargyan ini kami bagikan gratis untuk panjenengan semua. Berikut daftar Gending Pahargyan Penganten Adat Jawa beserta urut-urutan pemutaran dalam resepsi pernikahan Jawa:
  1. Pengantin wanita keluar menuju kursi pengantin (Gending kanggo ngetokake manten putri neng kursi temanten) diiringi gending Ldr Sekartejo. 
  2. Pengantin pria keluar menuju gapura pengantin (Gending kanggo ngetokake temanten kakung neng ngarep gapuro manten) diiringi gending Ldr Wilujeng.
  3. Mempertemukan Kedua mempelai (Gending kanggo nemokake penganten kekalih) diiringi gending Ket Kodok Ngorek.
  4. Setelah kedua mempelai dipertemukan, kemudian kedua orang tua (wali mempelai perempuan) mengantarkan kedua mempelai menuju kursi pengantin. (Upacara manten temu wis rampung banjur ibu bapake ngiringake manten neng kursi penganten) diiringi gending Ket Larasmoyo.
  5. Kedua mertua (wali mempelai laki-laki dan perempuan) menuju kursi besan, di samping kursi pengantin (Iringan kanggo besan mlebu neng kursi besan) diiringi gending Ket Tirtokencono.
  6. Setelah itu, kedua mempelai sembah sungkem meminta doa restu pada kedua orang tua (Sak banjure pinangantien kekalih sungkem marang bapak ibu) dengan iringan gending Ketawang Mijil Wigaringtyas.
  7. Subomanggolo dan Putri Domas masuk ke gapura pengantin (Subomanggolo mlebu diiring karo putri domas neng gapuro temanten) diiringi Gending Ayak-Ayakan.
  8. Kedua pengantin masuk kamar ganti, untuk mengenakan pakaian Kasatriyan diikuti Subomanggolo dan Putri Domas. (Pinangantien kekalih ganti busono kasatriyan diiringi subomanggolo karo putri domas) diiringi Gending Ketawang Langengito.
  9. Kedua mempelai keluar dan duduk di kursi pengantin. (Pinangantien kekalih mlebu maneh neng kursi temanten). Diiringi gending Ketawang Subokastowo 
  10. Subomanggolo dan Putri Domas keluar menuju kedua pengantin, dan duduk di sebelah mertua. (Metune subomanggolo karo putri domas neng asrama pengantien) Diiringi gending Dolanan Lelagon Gelang Kalung.
  11. Setelah semua upacara pernikahan selesai dan tamu undangan diperkenankan pulang (Budaling tamu undangan) Diiringi gending Ldr Gleyong 
  12. Gending sebagai iringan Dalang atau Pembawa Acara (Gending kanggo ngiringi protokol) Ketawang Santimulyo 
free download uc browser

Saat resepsi pernikahan Jawa berlangsung, ada beberapa orang yang ikut mengiringi jalannya pengantin, baik keluar ke pelaminan maupun masuk ke ruang ganti. Pengiring atau pengombyong tersebut yaitu:
Putri Domas yaitu dua gadis yang mengiringi pengantin wanita. 
Manggoloyudo yaitu dua anak muda yang mengiringi pengantin pria, meskipun terkadang berasal dari keluarga pengantin wanita. 
Putri Domas dan Manggoloyudo membawa kembar mayang dan saling menukarkannya ketika prosesi jemuk berlangsung. Putri domas dalam pernikahan ibarat dayang-dayang bagi seorang ratu. Sedangkan para manggala adalah ibarat para punggawa kerajaan. (Simbol Perkawinan Jawa)

Sementara hanya ini yang dapat kami bagikan seputar Mp3 Gending Pahargyan Manten, dan insyaAllah akan selalu kami update post ini agar lebih berguna bagi para pengunjung sekalian. Jika panjenengan mengalami masalah dengan link download mp3 gending nganten yang kami bagikan di atas, silahkan download pada alternatif link dari Google Drive di bawah ini:
  1. Gending Ketawang Mijil Wigaringtyas
  2. Gending Ketawang Larasmoyo
  3. Gending Ldr Wilujeng
  4. Gending Lelagon Gelang Kalung
  5. Gending Ketawang Kodok Ngorek
  6. Gending Ketawang Langen Gito
  7. Gending Ketawang Subokastowo
  8. Gending Ayak-ayakan
  9. Gending Ketawang Tirto Kencono
  10. Gending Ketawang Santimulyo
  11. Gending Ldr Sekartejo
Terima kasih telah mengunjungi post Mp3 Gending Pahargyan Nganten adat Jawa, semoga bermanfaat, dan mohon koreksinya jika terdapat kekeliruan dalam penulisan atau terdapat link download yang error. Matur suwun.