Teks Bacaan Bilal Sholat Jum'at [Arab dan Terjemah]

Teks Bacaan Bilal Sholat Jum'at beserta Terjemahnya kami bagikan untuk Anda yang ingin belajar menjadi bilal atau muadzin sholat Jum'at. Panduan bilal ini kami tulis berdasarkan rangkaian ibadah sholat Jum'at yang dilaksanakan sebagian besar umat Islam Indonesia. Penulisan Teks Arab Bilal Jum'at ini masih membutuhkan koreksi dan tidak luput dari kesalahan. Untuk itu, kami mohon kesediaan pembaca yang lebih mengerti dan memahami kaidah penulisan berbahasa Arab untuk memberikan koreksi. Berikut kami sampaikan bacaan-bacaan bilal pada sholat Jum'at beserta terjemah/ arti dan saat pengucapannya.

teks arab dan terjemah bacaan muadzin shalat jumat

DO'A SEBELUM ADZAN JUM'AT
Muadzin/ bilal mengawali rangkaian ibadah sholat Jum'at dengan mengumandangkan adzan yang pertama, sebagai tanda masuknya waktu sholat Dzuhur atau dimulainya ibadah sholat Jum'at.
مقدّمة اذان الجمعة :
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلآ إِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، أَعُوْذُ بِااللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِمَّنْ دَعآ إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، قُلِ ادْعُوْ اللهَ أَوِدْعُوْا الرَّحْمَنَ أَيَّامًا تَدْعُوْا فَلَهُ الأَسْمآءُ الْحُسْنَى، وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَبْتَغِ بَيْنَ ذَالِكَ سَبِيْلاً، وَقُلِ الْحَمْدُ للهِ الَّذِى لَمْ يَتَخِدْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا.
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ...
 
Terjemah Do'a Sebelum Adzan Jum'at
Muqoddimah:
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلآ إِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، أَعُوْذُ بِااللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ،
Maha Suci Allah, Segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, dari godaan syetan yang terkutuk.

QS Al-Fushilat: 33
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِمَّنْ دَعآ إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ،
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?"

QS Al-Isra': 110
قُلِ ادْعُوْ اللهَ أَوِدْعُوْا الرَّحْمَنَ أَيَّامًا تَدْعُوْا فَلَهُ الأَسْمآءُ الْحُسْنَى، وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَبْتَغِ بَيْنَ ذَالِكَ سَبِيْلاً
Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu".

QS Al-Isra': 111
وَقُلِ الْحَمْدُ للهِ الَّذِى لَمْ يَتَخِدْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا.
Dan Katakanlah: "Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.

Shalawat
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kita Nabi Muhammad.

DOA SETELAH ADZAN JUM'AT
Setelah adzan yang pertama dikumandangkan, muadzin/ bilal berdo'a: 
دعاء بعد الأذان :
أَللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَاتِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًنِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ، وَشَّرَفَةَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِعَة، وَبْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًنِ الَّذِى وَعَدْتَة، إِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَاد.
Artinya : “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna, dan shalat yang tetap didirikan, kurniakanlah kepada Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah Ia pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”.

Setelah selesai membaca do'a adzan di atas, muadzin/ bilal mengajak jamaah untuk melaksanakan sholat sunah Qobliyah Jum'at, dengan menyeru: 

صَلُّوْا سُنَّةَ قَبْلِيَةَ الْجُمْعَة رَحِمَكُمُ اللهُ....
Artinya: Mari kita mengerjakan sholat sunah Qobliyah Jum'at, semoga kalian semua dimuliakan Allah..
Setelah sholat sunah Qobliyah Jum'at selesai, muadzin membacakan Pengantar Khutbah Jum'at. Bacaan ini diucapkan sebelum sang Khotib menuju mimbar.

PENGANTAR KHUTBAH JUM'AT
فعانتار خطبة الجمعة :
يَا مَعَاشِرَ اْلـمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ اْلـمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ.
رُوِيَ عَنْ أَبِى هُـرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّه قَالَ :
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ اْلجُمْعَةِ أَنْصِتْ، وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ.
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ...
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ...
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ...
Artinya : 
  • Wahai sekalian orang-orang muslim dan segolongan orang-orang mukmin, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian.
  • Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa beliau berkata : 
  • Rasulullah saw. bersabda : “Apabila engkau berkata kepada temanmu pada hari Jum’at perhatikanlah [diamlah]; padahal Khatib sedang berkhutbah. Maka sungguh sia-sialah kamu. [HR. Bukhori & Muslim]
  • Perhatikanlah, dengarkanlah dan thaatlah kamu, semoga Allah memberi rahmat kepada kamu. 
  • Perhatikanlah, dengarkanlah dan thaatlah kamu, semoga Allah memberi rahmat kepada kamu.
  • Perhatikanlah, dengarkanlah dan thaatlah kamu, semoga kamu sekalian diberi rahmat.
Bacaan Bilal Sebelum Khotib Menuju Mimbar di atas merupakan bacaan yang paling banyak digunakan, lebih singkat dan mudah dihafal. Anda dapat mempelajari Pengantar Khutbah Jum'at versi lain pada post: Bacaan Bilal Sebelum Khutbah Jum'at

DO'A SEBELUM KHUTBAH JUM'AT
Setelah Bilal membaca Pengantar Khutbah Jum'at di atas, Khotib berdiri dan berjalan menuju mimbar [di beberapa daerah; khotib mengambil tombak atau tongkat dari muadzin lalu berdiri di mimbar], sebelum khotib mengucapkan salam, bilal/ muadzin berdo'a: 
الدعاء قبل الخطبة
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَبَارِكْ وَسَلِّمْ. وَاْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ قَوِّالإِسْلاَمَ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اَلْاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَيَسِّرْهُمْ عَلىٰ إِقَامَةِ الدِّيْنِ. رَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَيَاخَيْرَالنَّاصِرِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. 
Artinya:
Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad,  
Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad,  
Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kita Nabi Muhammad. Dan berikanlah keberkahan dan keselamatan.
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. 
Ya Allah, kuatkanlah umat Islam dari orang-orang muslim dan muslimat, orang-orang mukmin dan mukminat, baik yang masih hidup dan yang sudah meninggal dunia.  Dan mudahkanlah mereka dalam mendirikan Agama. Wahai Tuhan,  akhirilah kami dari Engkau dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rahmatMu, wahai Tuhan  yang Maha Pengasih dari yang pengasih.

ADZAN KEDUA
Setelah do'a selesai, Khotib mengucapkan salam lalu Muadzin mengumandangkan Adzan kedua dengan didahului shalawat:

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ...
Artinya: Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, 
 
Setelah selesai Adzan kedua, khotib menyampaikan Khotbah yang pertama. Syarat dan Rukun Khotbah serta Tata Cara Khotbah Jum'at silahkan kunjungi post berikutnya: Panduan Tata Cara Khotbah Jum'at.

SHOLAWAT DIANTARA DUA KHOTBAH
Sholawat ini dilantunkan setelah khutbah pertama selesai [khotib duduk sebentar sebelum membacakan khotbah kedua]. Bilal mengumandangkan Sholawat sebagai berikut:
سليعان بعد الخطبة الأولى : صلوة
أَللّهُمَّ صَلِّى وَسَلِّمْ، وَزِدْ وَاتِمْ وَتَفَضَّلْ وَبَارِكْ، بِجَلاَلِكَ وَكَمَالِكَ عَلَى زَيْنِ الْعِبَادِكَ، سَيِّدِ الْعَرَابِى وَالْعَجَامِ، وَالإِمَامُ طَيِّبَةَ وَالْكَرَام، سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَرَضِيَ اللهُ تَبَارَكَ عَنْ كُلِّ أَصْحَابِ سَيِّدِنَا رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْمَعِيْنَ.
Artinya:
Yaa Allah, berikanlah rahmat dan keselamatan, dan tambahkan fadhilah dan keberkahan, dengan Kemuliaan dan Kesempurnaan-Mu, kepada penghias para ahli ibadah, pemimpin bangsa Arab dan 'Ajam/ Madinah [non-Arab], dan pemimpin kebaikan dan kemuliaan, junjungan kita dan tuan kita Muhammad, dan kepada keluarga Beliau, dan sahabat Beliau, dan berikanlah keselamatan. Dan semoga Engkau [Allah] ridho, Maha Suci Engkau, dan berikanlah [rahmat, keselamatan, fadhilah dan keberkahan] kepada seluruh shahabat junjungan kita Rasulullah SAW.

Setelah khutbah yang kedua selesai, bilal/ muadzin mengumandangkan IQOMAH, dan jamaah melaksanakan Sholat Jum'at dua rakaat.

-= SELESAI =-

Untuk memudahkan Anda dalam mempelajari Tata Cara Menjadi Bilal Jum'at kami tuliskan teks bilal Jumat di atas dalam versi Microsoft Word Document yang lebih rapi untuk dicetak serta lebih mudah dibaca dan dipahami. Silahkan Download Teks Bacaan Bilal Sholat Jum'at : 

Google Drive - Teks Bilal Shalat Jum'at Doc
Dropbox - Teks Bilal Shalat Jum'at Doc

Demikian rangkaian ibadah Sholat Jum'at yang dapat kami sampaikan. Tentunya tulisan kami sangat jauh dari kesempurnaan, dan masih terdapat banyak kekeliruan dan kesalahan. Segala bentuk koreksi, kritik dan saran sangat kami harapkan, silahkan tuliskan komentar Anda pada form di bawah posting ini. Semoga teks panduan bilal sholat Jum'at ini bermanfaat. Amin.
UPDATE !!
Mp3 Panduan Muadzin Sholat Jum'at
Untuk mempermudah dalam mempelajari Teks Panduan Muadzin Jum'at, Anda dapat mengunduh Contoh Mp3 Muadzin Jum'at disini! Semoga bermanfaat.
Referensi:
  1. Aplikasi Qur'an In Word : QS. Al Fushilat: 33, QS. Al Isra' 110 - 111
  2. Hadits Perintah untuk memperhatikan Khotbah Jum'at
    https://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=1849&pid=908417
  3. Bangsa 'Ajam
    https://syariah-muher.blogspot.co.id/2010/05/sejarah-hukum-islam_3456.html 
  4. Bilal Shalat Jum'at
    https://madinalmanshur.wordpress.com/bilal-shalat-jumat-3/