07/04/16

Video Tutorial Belajar Hadroh Rebana

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah berbagi Mp3 Panduan Cara Memukul Rebana, namun sepertinya dengan hanya mendengarkan Mp3 dan melihat Teks Panduan Belajar Rebana yang kami sajikan masih sangat sulit untuk menguasai dalam bermain rebana. Untuk itu, kali ini kami bagikan Video Tutorial Belajar Hadroh Rebana yang kami sertai dengan Teks Pukulan Rebana agar lebih jelas dan mudah dimengerti.
Video di atas bukan hasil karya saya sendiri, melainkan saya dapatkan dari blog Musvicas, saya hanya sekedar berbagi, semoga bermanfaat untuk khalayak pecinta musik rebana. Video panduan belajar rebana tersebut dibuat oleh Group Hadroh El-Sip Wasilatussa'adah, Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Sleman - Yogyakarta. Tutorial Pukulan rebana dipandu oleh saudara Azam dan Mas Aulia, semoga amal kebaikan mereka mendapat balasan yang setimpal, akhsanal jaza.

Tutorial Pukulan Rebana di atas membahas dua jenis pukulan yang merupakan pukulan inti saat bermain rebana. Kedua jenis pukulan tersebut adalah Gerinci dan Nikahan, Mas Azam sebagai host menjelaskannya dengan rinci sehingga sangat mudah dipahami. Sedangkan untuk pukulan rebana yang lain (Golong 1 dan Golong 2) belum disampaikan, karena hanya sebagai pelengkap saat bermain rebana. Berikut Teks Panduan Belajar Rebana Hadroh yang saya tulis ulang, untuk mempermudah dalam mempelajarinya.
kunci rebana gerinci, kunci rebana nikahan, teks belajar rebana
Untuk lebih memahami apa yang disampaikan Mas Azam saya buat beberapa warna pada pukulan Tertentu. Warna biru pada DTT (Gerinci) dan DT pada Nikahan merupakan tanda bahwa pukuan DTT atau DT hanya dipukul pertama kali. Sedangkan warna merah merupakan tanda pukulan terakhir sebelum pindah ke pukulan selanjutnya. Silahkan saksikan dan pahami Video Tutorial Belajar Hadroh Rebana tersebut. Insyaallah sangat mudah dipahami.
Sekian, saya hanya seorang pemula dan bahkan kurang pengalaman dalam belajar musik rebana. Tujuan saya share Video Tutorial Belajar Rebana ini tidak lain sebagai pengingat untuk saya pribadi dan semoga bermanfaat bagi saudara sekalian yang ingin belajar musik rebana. Amin