11/05/16

Islamic Images Five Pillars of Islam

Biar sedikit gaul, boleh dong sekali-kali posting dengan judul berbahasa Inggris "Islamic Images - Five Pillars of Islam". Walaupun gambar berbahasa Inggris, tapi inti posting ini kami ingin berbagi Media Belajar Bahasa Inggris dengan Materi PAI - Rukun Islam. Gambar yang kami bagikan bukan karya pribadi, melainkan kami dapat dari web light-up-your-life.tumblr.com. Semoga Allah SWT membalas amal shaleh sang designer dengan sebaik-baiknya balasan. Amin

islamic images the five pillars of islam

Rukun Islam yaitu segala sesuatu yang harus dikerjakan seseorang ketika menyatakan dirinya beragama Islam. Sebagaimana batalnya shalat karena meninggalkan rukun (misal: membaca surah Al Fatihah), keislaman seseorang akan menjadi rapuh, lemah, bahkan bisa merobohkan agama Islam sendiri jika Rukun Islam tidak dilaksanakan. Rukun Islam ada 5, keseluruhannya wajib dilaksanakan setiap muslim kecuali rukun terakhir (Ibadah Haji) yang dikhususkan bagi orang yang mampu. Pada gambar dijelaskan bahwa The Five Pillars of Islam yaitu:

rukun islam syahadat

The Testimony of Faith (Syahadat) bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT, dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan/ rasulullah. Syarat Awal orang masuk Islam adalah membaca dua kalimah syahadat (syahadatain). Dalam kehidupan sehari-hari Syahadat diucapkan minimal 9 kali, yaitu saat membaya tasyahud dalam shalat.

pillar of islam shalat


Prayer (Shalat) adalah tiang agama Islam. Shalat 5 waktu; subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya' wajib dikerjakan setiap muslim tanpa terkecuali, dalam keadaan apapun tetap berkewajiban melaksanakan shalat. Siapa yang mendirikan shalat berarti dia memperkokoh agama, sebaliknya orang yang tidak istiqomah dalam shalatnya berarti merobohkan agama.
pillar of islam zakat

Giving Zakat (Membayar Zakat) sebagai wujud peduli terhadap saudara seiman, setiap muslim wajib mengeluarkan zakat. Baik itu zakat fitrah maupun zakat mal, zakat perniagaan, zakat profesi, dan lain sebagainya. Zakat fitrah adalah zakat nafs, artinya zakat yang harus dikeluarkan setiap individu, baik anak-anak maupun lanjut usia, dibayarkan pada akhir bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal, zakat perniagaan, zakat profesi dsb mempunyai batasan (nisob) ukuran banyaknya harta yang harus dizakati dalam kurun waktu satu tahun.

pillar of islam fasting ramadhan

Fasting the Month of Ramadan (Puasa Ramadhan) Kebanyakan anak memberikan jawaban yang terbalik antara urutan rukun yang ketiga dan keempat ini. Sebagian anak berpikir bahwa kita melaksanakan Puasa Ramadhan terlebih dahulu baru kemudian membayar Zakat Fitrah menjelang Shalat Idhul Fitri. Setidaknya dengan Media Gambar Rukun Islam ini anak lebih paham dan dapat menghafal Rukun Islam dengan benar.

pillar of islam haji to makkah

The Pilgrimage to Makkah (Ibadah Haji) ibadah yang dikhususkan bagi umat Islam yang mampu secara materi, fisik dan lain sebagainya. Haji dilaksanakan pada bulan khusus yaitu bulan Dzulhijjah dengan tata cara. rukun dan syarat tertentu.

Itulah 5 Pillars of Islam yang semestinya dijalankan semua umat Islam. Semoga media gambar pembelajaran pendidikan agama Islam ini bermanfaat. Amin

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon