Cara Seting Kertas F4 di Microsoft Word dan Excel

Kertas F4 merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak dokumen seperti; surat-surat, tugas sekolah/ kuliah, maupun administrasi perkantoran. Sayangnya, pilihan Paper Size F4 tidak disediakan oleh pihak Microsoft, sehingga kita harus mengatur ukuran kertas secara manual untuk mendapatkan hasil cetak yang sempurna.

Cara Seting Kertas F4 di Microsoft Word
Ukuran Kertas F4 yaitu (21.5 x 33 cm) atau (8.50 x 13.00 inch), pada Microsoft Office Word kita dapat mengatur ukuran kertas F4 di menu Page Layout, lalu klik More Paper Sizes untuk mengatur ukuran kertas secara manual.

seting kertas f4 di microsoft word
Setelah memilih More Paper Sizes maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. SIlahkan isi kolom Width dengan ukuran 22.5 cm dan 33 cm pada kolom Height. Klik OK dan selesai, sekarang Anda dapat mencetak dokumen dengan kertas F4.
 mengatur kertas f4 di ms office word
Berbeda dengan cara seting kertas F4 di Microsoft Word, di Excel cara pengaturan kertas akan sedikit lebih ribet. Tapi tenang saja, silahkan simak cara dan langkah berikut!

Seting Kertas F4 di Microsoft Excel
Pada aplikasi Excel seting kertas F4 juga bisa dilakukan melalui menu Page Layout, tetapi akan sedikit ribet atau membingungkan. Untuk lebih mudahnya, seting kertas F4 dilakukan langsung pada printer yang sobat gunakan. Caranya mudah:
Buka menu Devices and Printeres
cara mengatur kertas f4

Selanjutnya, klik kanan pada printer yang Anda gunakan lalu pilih Printing Preferences.
setting kertas F4 printer canon
Akan terbuka jendela baru, silahkan lakukan setting ukuran kertas dengan memilih menu Printer Paper Size.
membuat ukuran kertas f4
Atur ukuran kertas secara manual dengan klik pilihan Custom, lalu isikan ukuran kertas F4 yaitu (21.5 x 33 cm) atau (8.50 x 13.00 inch).
mengatur kertas f4 pada ms excel
Selesai, Anda dapat memulai mencetak dengan kertas F4 secara sempurna. Bila perlu, simpan setting ukuran yang baru saja dibuat atau klik centang pada opsi Always Print with Current Setting.

Sekian tutorial singkat mengenai Cara Seting Ukuran Kertas F4 di Microsoft Office Word dan Excel, semoga membantu dan terima kasih kunjungannya.