Cara Isi Ulang Tinta Dengan Suntik

Banyak pengguna printer jenis inject yang mengeluhkan kerusakan pada katrid setelah melakukan pengisian tinta dengan cara disuntik. Setelah diisi ulang, catrid tidak mau mengeluarkan tinta alis macet, sehingga hasil cetak putus-putus atau kurang bagus. Lebih parahnya lagi, setelah pengisian tinta dengan cara disuntik Catrid justru tidak terdeteksi oleh printer. Mengapa hal ini terjadi? Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Kesalahan dalam proses pengisian tinta dengan cara suntik sering disebabkan karena kurangnya pemahaman dalam masalah printer serta cara yang benar dalam pengisian tinta. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengisian ulang tinta dengan cara disuntik.

Membuat Lubang Pada Catrid
Catridge Hitam (Black)
Pada jenis Catrid hitam lubang pengisian tinta dapat dibuat di bagian atas Catrid, tepatnya pada cekungan berbentuk lingkaran di bawah sticker. Anda bisa merabanya atau melepas sticker untuk lebih jelasnya.
Buat lubang menggunakan solder atau alat lain pada titik tersebut. Sebaiknya lubang tidak terlalu kecil, agar udara yang ada di dalam Catrid bisa keluar saat kita suntikkan tinta. Jika lubang yang kita buat terlalu sempit maka tinta akan menggelembung, bahkan tinta keluar dari Catrid saat kita isi ulang.

Catridge Warna (Color)
Catrid warna terdiri dari 3 warna; Cyan (biru), Magenta (merah) & Yellow (kuning), buatlah lubang dengan menyesuaikan pada cekungan masing-masing warna. (perhatikan gambar)
cara isi tinta dengan suntik

Menyuntikan Tinta Ke Lubang Catrid
Jika lubang sudah dibuat, kita dapat melakukan pengisian tinta dengan skala sebagai berikut:
  • Catrid hitam (black) kurang lebih 5ml
  • Catrid warna (color) masing-masing sekitar 3ml
Lakukan dengan perlahan dan pastikan tidak ada gelembung udara yang keluar saat penyuntikan Catrid, supaya tinta tidak berceceran.

Tutup Lubang Pengisian Tinta
Biasanya setelah mengisi tinta Catrid langsung dipasang begitu saja. Padahal cara yang benar dalam mengisi tinta adalah kita harus menutup kembali lubang Catrid menggunakan lakban atau selotip. 
Jika katrid dibiarkan terbuka maka tinta akan mengalir ke bawah, dan head print akan banjir bahkan tinta bisa beku di dalam head.

Bersihkan Catrid Dengan Tisue
Setelah kita tutup lubang pada Catrid, bersihkan head print dengan tisue dengan cara menempeklanya secara perlahan. Hindari menyentuh kuningan pada head print dengan tangan, agar Catrid tidak mengalami error saat dipasang kembali.

Pasang Catrid Pada Printer
Setelah semua selesai, pasang kembali Catrid ke printer kemudian lakukan cleaning untuk memastikan tinta di dalam Catrid siap digunakan untuk mencetak.

Demikian beberapa Tips Pengisian Ulang Tinta Dengan Cara Disuntik, semoga bermanfaat.